Cara Mudah Transfer Data WhatsApp dari Android ke iPhone

Review PC - Aplikasi perpesanan WhatsApp begitu melekat dengan aktivitas sehari-hari. Tercatat jumlah pengguna WhatsApp di dunia mencapai 2 miliar per bulannya. Hal ini terbilang wajar, mengingat beragam aktivitas bisa dilakukan melalui WhatsApp. Selain mengirim pesan teks, WhatsApp juga memungkinkan pengguna untuk bertukar file berupa foto, video hingga sebuah dokumen.

Namun, sayangnya akun WhatsApp hanya tertaut pada satu perangkat saja. Apabila berpindah ke perangkat lain, pengguna harus memulai obrolan dari awal. Sehingga, file berupa foto, video dan dokumen juga harus dipindahkan secara manual. Hal ini lantaran riwayat obrolan berserta dokumen tak akan muncul pada perangkat lain, meski pengguna mengakses WhatsApp dengan akun yang sama.

Pengguna tak perlu khawatir data akan hilang. Sejauh ini, solusinya adalah melakukan transfer pesan WhatsApp. Dengan begitu, pengguna bisa menyimpan obrolan ataupun mendapatkan kembali media dari perangkat sebelumnya. Terlebih, transfer pesan juga memungkinkan beralih perangkat dengan sistem operasi berbeda, seperti Android ke iOS ataupun sebaliknya.

Lantas Bagaimana Melakukan Transfer Pesan WhatsApp?

Transfer Pesan melalui Email
Meskipun tergolong mudah, metode ini mentransfer obrolan dengan ektensi txt, sehingga riwayat obrolan tersebut tetap tidak bisa dilihat melalui WhatsApp. Sangat disayangkan pengguna harus membukanya secara terpisah.

Pengguna juga tidak bisa melakukan transfer pesan secara masal, karena harus mengekspor obrolan secara satu per satu di setiap kontak WhatsApp.

Berikut langkah-langkahnya:



1) Di perangkat android Anda, buka WhatsApp, buka “Pengaturan” dan klik “Pengaturan Obrolan”, kemudian klik “Obrolan Email”

2) Selanjutnya, Pilih percakapan atau riwayat WhatsApp yang ingin Anda transfer. Nantinya, Jendela pop-up bertuliskan “melampirkan media akan menghasilkan pesan email yang lebih besar” akan muncul. Anda dapat mememilih ‘Tanpa media “atau” Lampirkan Media “, sesuai dengan kebutuhan

3) masukkan alamat email yang ingin dituju dan kemudian klik “Kirim”

4) Terakhir, setelah mengirim, sekarang Anda dapat masuk ke email Anda di iPhone baru Anda. Anda akan dapat melihat pesan WhatsApp Anda di akun email Anda, tetapi Anda tidak akan dapat menyinkronkan pesan ke akun WhatsApp Anda.

Memanfaatkan WhatsApp Backup
WhatsApp juga menyediakan fitur cadangkan pesan. Khusus Ponsel Android mencadangkan dan memulihkan WhatsApp dengan Google Drive. Sedangkan, iPhone mengembalikan WhatsApp dari cadangan iCloud.

Dengan begitu, metode ini tidak memungkinkan pengguna mentransfer pesan WhatsApp dari Android ke iOS. Hanya bisa dilakukan dengan satu ekosistem, seperti Android dengan Android dan iOS dengan sesama iOS. Selain itu, Metode transfer pesan ini berlaku pada satu perangkat yang sama.

Berikut paduannya:




1) Buka “Obrolan” – “Cadangan cadangan” dan aktifkan opsi “Cadangkan ke Google Drive”. Klik tombol “CADANGAN”

2) Cadangkan WhatsApp ke Google Drive di Android

3) Hapus dan instal WhatsApp dari play store

4) Verifikasi WhatsApp menggunakan nomor telepon yang sama dan pulihkan dari cadangan sesuai petunjuk.

0 komentar "Cara Mudah Transfer Data WhatsApp dari Android ke iPhone", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar