Pertamina Gelar Pelatihan Online Digital Marketing untuk UMKM

PT Pertamina (Persero) menggelar pelatihan online bagi para UMKM yang tergabung dalam Rumah Kreatif BUMN (RKB) Pertamina. Dalam pelatihan tersebut, UMKM diberikan materi seputar digital marketing untuk mengembangkan usaha.



Pelatihan tersebut dilaksanakan secara online untuk para mitra bisnis dan UMKM Pertamina di beberapa daerah, dimulai dari Situbondo pada 18 Mei 2020 dan berlanjut ke beberapa daerah setelah Lebaran. Mohammad Farhan S, pemimpin redaksi di salah satu media online menjadi pengisi materi dalam pelatihan online konsultan digital marketing pertama di Situbondo, yang mengangkat tema 'Instagram Marketing: Menulis Caption yang Menarik'.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menjelaskan kegiatan pelatihan online tersebut merupakan rangkaian dari seri pelatihan digital marketing yang diselenggarakan untuk mitra bisnis dan UMKM RKB Pertamina. Tema pelatihan di setiap daerah berbeda, disesuaikan dengan kondisi wilayah setempat agar bisa diterapkan dengan tepat guna.

"Kita ingin adanya peningkatan pemahaman digital marketing oleh para pelaku UMKM. Dan tema yang dipilih disesuaikan dengan kondisi wilayah setempat, sehingga bahasa pemasaran yang digunakan dapat dipahami baik pelaku UMKM maupun follower social media pelaku UMKM," kata Fajriyah dalam keterangan tertulis, Kamis (28/5/2020).

Setelah Situbondo, pelatihan online untuk UMKM RKB Pertamina akan digelar di Palangkaraya, Pekanbaru, Minahasa Selatan dan Temanggung. Kegiatan ini, lanjut Fajriyah, juga bertujuan untuk menggairahkan bisnis UMKM di masa pandemi COVID-19.

Para pelaku UMKM di daerah menyambut baik pelatihan online RKB Pertamina. Elfira, pemilik usaha tanaman hias, bibit sayuran, dan pot hias berlabel 'Kebun Kinara' di Situbondo mengatakan informasi dari pelatihan online memberinya peluang untuk mengembangkan bisnis. Ia ingin kegiatan tersebut bisa kembali diadakan dengan materi yang beragam untuk bisnis UMKM.

"Saya sangat terbantu akan informasi dari pelatihan kali ini. Semoga RKB semakin jaya, merangkul lebih banyak pelaku UMKM dan memberikan peluang yang lebih besar lagi untuk bersama menuju kesuksesan," ujar Elfira.

0 komentar "Pertamina Gelar Pelatihan Online Digital Marketing untuk UMKM", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar